Musyawarah Olahraga NPCL Kabupaten Ketapang

Prodaerah.com, Ketapan – Musyawarah Olahraga NPCI (National Paralympic Comite Indonesia) Kabupaten Ketapang dibuka, Senin (17/10/2022) bertempat di salah satu Hotel di Kabupaten Ketapang.

Musyawarah Olahraga NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Kab. Ketapang, di buka secara resmi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Edi Radiansyah, SH., MH.

Pada kesempatan itu Asisten Sekda Bidang Pemerintah dan Kesra, yang mewakili Pemerintah Daerah, mengapresiasi atas segala prestasi yang diraih, Serta berharap prestasi yang telah diraih dapat menjadi maotivasi bahwa keterbatasan fisik bukan menjadi sebuah hambatan untuk dapat berpartisipasi dan berpreatasi.

Asisten sekda juga mengajak seluruh pihak bersama sama membangun sinergi untuk terus memberikan perhatian dan dukungan penuh dalam melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap minat olahraga bagi teman-teman penyandang disabiltas.

Ketua NPC Kabupaten Ketapang Andi Yusandi. mengatakan Adapun salah satu tujuan organisasi ini Tetap terus konsisten melakukan pembinaan kepada atlit-atlit yang sudah bergabung dengan memperhatikan kebutuhan kebutuhan Latihan, Mengikuti kompetisi baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan Mensosilisasikan lebih luas lagi tentang keberadaan NPC kabupaten ketapang melalui berbagai kegiatan olahraga umum dan massal.

Kedepan NPC Kabupaten Ketapang akan terus menjalankan organisasi peran dan fungsinya yang mewadahi sebagai atlit-atlit yang berkebutuhan khusus, melalui program pencarian bibit-bibit baru yang masih tersebar di beberapa ke camatan Kabupaten Ketapang, National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Ketapang terus berbenah dan mengembangkan diri baik secara keorganisasian dan pembinaan kecabang olahraga yang berada dalam naungan NPC.

Sejak mulai dengan struktur yang baru kiprah NPC semakin dapat dirasakan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. sebagai tolak ukur keberhasilan npc adalah diantaranya perbaikan peringkat prestasi olahraga di tingkat provinsi selama perhelatan pekan olahraga disabilitas atau yang kita kenal dengan (Pekan Olahraga Paralympic Provinsi PEPARPROV) Kabupaten Ketapang telah berhasil meraih peringkat ke tujuh di tahun 2014. dan peringkat ke II pada tahun 2018 dan ke depan di tahun 2023 kita akan menargetkan peringkat ke (1) satu Provinsi atau juara umum. keberhasilan prestasi ini sudah barang tentu merupakan hasil kerja keras semua pihak, yakni pengurus dan para atlit yang di dukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten Ketapang.

Di tahun 2018 kita mencatatkan 3 nama atlit pelatnas dan satu orang atlit putri untuk disekolahkan mengikuti sekolah khusus atlit di solo yang akan diproyeksikan akan mengikuti seagame dari cabang olahraga tenis meja. alhamdulilah apa yang kita targetkan dapat tercapai dengan hasil yang sangat membanggakan yaitu atlit NPC Kabupaten Ketapang dari cabang tenis meja mengikuti Asian Paragame yang mana indonesia menjadi tuan rumah di tahun 2022 dengan membawa mendali 2 emas 1 perak.

Ketua NPCI Prov Kalbar S.Hut juga mengatakan Perlu kita ketahui bersama NPC merupakan suatu wadah untuk menghimpun, membina, melatih dan membentuk atlit olahraga disabilitas yang berkuwalitas dan bertaraf internasional yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan kesejahteraan dan dalam segala aspek kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, selain itu npc juga bertujuan mengabdikan segala kemampuan yang di miliki dalam membangun manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat indonesia.

Mustaat Saman, juga menyampaikan NPC Kab. Ketapang sangat luar biasa mampu mencetak atlit atlit mencatatkan 3 nama atlit pelatnas dan satu orang atlit putri yang selanjutnya bertanding di cabang tenis meja mengikuti Asian Paragame yang mana indonesia menjadi tuan rumah di tahun 2022 dengan membawa mendali 2 emas 1 perak. (Hendri/PK)