Ziarah Ke Makam Keramat Sembilan Hiasi Peringatan Hari Jadi Ketapang Ke-605

Prodaerah.com, Ketapang – Ziarah ke situs bersejarah, merupakan sebuah refleksi tentang sejarah dan peradaban di kota Ketapang, Tanah Kayong Negeri Betuah.

Tanggal 11 Maret 2023, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat memperingati hari jadi ke-605. Ziarah ke Makam Keramat Sembilan, di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong satu di antara rangkaian memperingati hari jadi tersebut.

Sekretaris Daerah Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si memimpin ziarah ke Makam Keramat Sembilan, Jumat (10/3/2023) sore. Ziarah berlangsung khidmat.

Dalam sambutanya, sekda mengatakan Ziarah di tempat situs bersejarah ini, merupakan sebuah refleksi tentang sejarah dan peradaban di kota Ketapang, Tanah Kayong Negeri Betuah.

“Hal ini sangat penting dilaksakan, agar kita dan para generasi muda mengetahui bagaimana sejarah Ketapang dan dapat menghargai jasa-jasa para lelulur yang telah membangun Ketapang sejak 605 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Ziarah hari ini, lanjutnya, juga amanah dari Peraturan Daerah Kabupaten Ketapang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penetapan Hari Jadi Ketapang dan Peraturan Bupati Ketapang Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tata Cara Peringatan Hari Jadi Ketapang.

“Selain itu, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada para leluhur, pendahulu kita yang telah berjuang mendirikan Ketapang sejak 605 tahun lalu,” katanya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Ketapang, sekda mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada panitia pelaksana. Kepada Perkumpulan Lawang Kakayun (PLK) Negeri Matan Tanjungpura Ketapang dan Persatuan Orang Melayu (POM) Ketapang.

“Serta semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik dengan dinas pariwisata dan kebudayaan, sehingga acara ziarah hari ini dapat kita laksanakan,” kata Sekda, menambahkan. (Hendri)