Semarakkan Hari Raya Idul Fitri, Warga di Pessel sambut dengan pawai Obor

 

PESSEL, PRODAERAH.Com. -Sambut Hari raya Idul Fitri 1444 H, Warga di Pesisir Selatan semarakkan dengan tradisi  mewarnai malam takbiran dengan pawai Obor,  di Kenagarian Amping Parak, khususnya di Kampung Padang Tae

Menyambut malam Takbiran tersebut,  diikuti para Generasi pemuda dan pemudi terutama anak sekolah atau pelajar.

Dalam penyambutan malam Takbiran,  Ratusan anak yang mengikuti secara bersama-sama melakukan  pawai Obor dengan  bersuka cita,  dari raut wajah yang penuh canda dan tawa sambil membawa obor.

Mereka sangat antusias berjalan memegang obor, sambil diiringi suara bedug dan kumandang takbir.

Pada kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya oleh kelompok pemuda di Kampung Padang Tae.

Walaupun sempat vakum dua tahun terakhir karena Covid-19. kegiatan tahunan ini kembali disemarakkan.

Peserta pawai, dimulai dari simpang SMAN 2 Sutera, kemudian berjalan berkeliling sepanjang rute yang telah ditentukan, di Kampung Padang Tae dan sekitarnya.

Salah satu warga takbiran keliling Edho Simor mengatakan, dengan takbiran keliling dan pawai obor tersebut menyambut malam takbiran Idul Fitri dengan penuh suka cita. Pawai keliling dan takbiran keliling tersebut, sudah menjadi tradisi setiap perayaan hari besar Islam salah satunya takbiran keliling sebagai bentuk rasa suka cita pada malam takbiran.

“Iya, malam ini kita lagi takbiran keliling kampung sama pawai obor, dalam kegiatan ini diikuti mulai dari anak kecil, pemuda-pemudi dan orang dewasa. Pakai mobil dan berjalan kaki,” Ujar Edho Simor, pada Wartawan

Edho Simor mengungkapkan, pada malam takbiran keliling tersebut, dengan sambil menabuh bedug dan pernak-pernik lebaran yang ditempelkan di mobil pick up.

“Takbiran keliling sambil nabuh bedug, Kegiatan ini  sudah menjasi tradisi dan mengingatkan kita pada leluhur-sesepu kita pendahulu yang dilakukan setiap lebaran Idul Fitri setahun sekali,” Pungkasnya.

Seruan kumandang takbir terdengar di seluruh dunia, malam takbiran yang dinantikan bagi seluruh umat muslim di dunia. Tradisi lebaran di Indonesia terasa sangat kental dari berbagai daerah dengan cara yang berbeda dan unik.

Reporter:Ef