Diseminasi SD Perdana Ketapang, Sebarkan Praktik Baik Tentang Pembelajaran Aktif Dan Menyenangkan

Prodaerah.com, Manis Mata – PT Sampoerna Agro melalui payung program tanggung jawab sosial perusahaan bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF-SDO) mengukuhkan komitmen nya dalam membantu meningkatkan akses pendidikan berkualitas di kecamatan Manis Mata kabupaten Ketapang melalui Diseminasi Praktik Baik Light house School Program (LSP) SD perdana Ketapang kepada 100 guru setingkat SD dan SMP dengan tema Berbagi Praktik Baik Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Pada Kelas Merdeka.

Diseminasi ini dilangsungkan pada 23 Mei 2023 dengan tajuk ” Berbagi Praktik Baik Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Pada Kelas Merdeka”. Tajuk yang diangkat ini merupakan bentuk kontribusi terhadap implementasi kurikulum Merdeka yang saat ini sedang marak digaungkan oleh Kemendikbudristek RI.

” Kegiatan Diseminasi ini diharapkan dapat semakin memotivasi para guru untuk terus meningkatkan keingintahuan dan kemampuan terhadap metode pembelajaran di kelas sehingga secara terus menerus dapat menghasilkan siswa/I yang berprestasi dan membanggakan kecamatan Manis Mata, kabupaten Ketapang. Bagi Sampoerna Agro pendidikan merupakan landasan utama dalam mencetak generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan. Untuk itu, kami senantiasa mendukung upaya – upaya peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Suwanto Husin, Government Relations Manager Sampoerna Agro.

Rangkaian Diseminasi ini turut dibawakan langsung oleh fasilisator yang merupakan para guru SD Perdana Ketapang.

Sebelum dilakukan Diseminasi, para guru dari SD Perdana Ketapang diberikan pembekalan melalui beragam pelatihan yang dilaksanakan oleh PSF-SDO melalui Lighthouse School Program (LSP).

Sekilas tentang LSP, LSP ditujukan untuk mendorong peningkatan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistim manajemen yang akuntabel. Program ini mencakup kegiatan pengembangan professional guru, kualitas manajemen sekolah, kapasitas siswa, dan pemberdayaan komunitas sekolah.

Program yang dilaksanakan ini tentu mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan kabupaten Ketapang guna meningkatkan kualitas guru di kabupaten Ketapang.

” Saya ucapkan terimakasih banyak kepada PT Sampoerna Agro melalui Yayasan Putera Sampoerna Foundation yang sudah bersama-sama membantu meningkatkan kualitas pendidik di wilayah kecamatan Manis Mata dengan beragam pendampingan dan pelatihan yang mampu membangun semangat dan motivasi para guru untuk menjadi agen of change di kecamatan Manis Mata, ” kata Fadliansyah, S.Pd selaku korwilcam kecamatan Manis Mata.

Dengan diselenggarakan nya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pembelajaran yang efektif terutama pada implementasi Kurikulum Merdeka. (Hendri)