Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Paroki Sandai

Prodaerah.com, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP., M.Si menghadiri Sekaligus meletakan Batu Pertama Tanda dimulainya Pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Randau yang bertempat di Desa Randau Kecamatan Sandai , pada Sabtu (1/4/2023).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan, bahwa dirinya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang menyampikan Apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyampaikan penghargaan kepada panitia pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Randau.

“Kepada pastor paroki yang sudah bekerja keras, bekerja sama sehingga terlaksana kegiatan pada hari ini akan di letakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Randau ini perjuangan yang panjang,” katanya.

Sekda menyampaikan, peletakan batu pertama ini sebagai bukti komitmen Pemkab Ketapang untuk mendukung kehidupan beragama seluruh agama yang ada di kabupaten Ketapang termasuk di paroki Hati Kudus Yesus Randau Randau.

“Hari ini dilakukan Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah ( NPHD-red) yang mana untuk anggaran Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Ketapang membantu hibah untuk pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Randau ini sebesar Rp 2 Miliar,” terangnya.

Sekda menambahkan, Pemkab Ketapang tidak hanya membantu Gereja dalam setiap tahun anggaran, akan tetapi membantu rumah ibadah lainnya termasuk Masjid yang satu diantaranya Masjid Sandai.

“Saya sudah bertemu langsung dengan Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sandai, kita ingin menuntaskan pembangunan Masjid Sandai, karena saya senang toleransi beragama di Sandai yang sangat baik, sama halnya dengan kehidupan beragama di kabupaten Ketapang yang selama ini telah baik dapat terus terjalin,” tuturnya.

Untuk itu, Sekda mengajak semua pihak termasuk diantaranya para Tokoh-tokoh Agama, pemuka-pemuka Agama, para Alim Ulama, Para Tokoh-tokoh Masyarakat, Tokoh-tokoh Adat, Tokoh-tokoh Pemuda, serta semua komponen untuk bersinergi membangun Ketapang dalam banyak hal.

“Karena Pemkab tidak bisa sendiri membangun Ketapang, perlu sinergitas bersama,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Randau dan dilanjutkan Penanaman Pohon di lokasi pembangunan Gereja tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah Uskup Keuskupan Ketapang, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas PMPD,Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan beserta Jajarannya, Kepala BPKAD Beserta Jajarannya,FORKOPIMCAM Sandai ,Camat Sandai,Camat Simpang Hulu, Camat Simpang Dua,Camat Hulu Sungai, Camat Laur ,Camat Nanga Tayap,Pastor Paroki ,Suster, Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP). (Hendri/PK)